Kamis, 03 November 2016

BIODATA DAN BIOGRAFI TUKUL ARWANA

TUKUL ARWANA


Nama asli
Tukul Riyanto
Nama entertain
TUKUL ARWANA
Lahir di
Perbalan, Purwosari, Semarang
Tanggal lahir
16 oktober 1963
Zodiac
Libra
Profesi
Actor
Presenter
Pelawak
Tahun aktif
1986 – sekarang
Terkenal sejak
Menjadi host ‘Bukan Empat Mata’ Trans7 tahun 2005
Kewarganegaraan
Indonesia
Agama
Islam
Riwayat pendidikan
SMP Muhammadiyah Indraprasta
SMA Ibu Kartini (Jalan Sultan Agung, Semarang)
Anak ke
3 dari 4 bersaudara
Nama ayah
Alm. Abdul Wahid (wafat 06 Juli 2014)
Nama ibu
Alm. Sutimah
Pasangan
Alm. Susiana (menikah sejak Desember 1995)
Anak
Novita Eka Afriana (perempuan, lahir 1997)
Wahyu Jovan Utama (laki-laki)
Situs resmi

       Selamat malam buat kalian pembaca post ku.. pos ke – 132 dan ke – 1 di hari kamis, 03 November 2016. Tetap dengan semangat yang sama, semoga post ini bermanfaat untuk kalian. Entah sekedar kepo atau benar - benar membutuhkan informasi dari Profil dan Biodata TUKUL ARWANA. Mohon diralat apabila terdapat kesalahan dalam informasi yang ada dalam konten ini.

            Ok next..

            TUKUL ARWANA adalah seorang pelawak sekaligus presenter kebanggan tanah air. Gaya dan lawakan yang khas dan fress membuat pemirsanya menyungging senyum. Jika ditelisik perjalanan karir TUKUL ARWANA cukup menarik karena tidak sedikit rintangan yang tukul TUKUL ARWANA untuk menjadi seorang pelawak dengan penghasilan fantastis seperti saat ini. Selain menjadi pelaku hiburan , TUKUL ARWANA juga merintis usaha yang bergerak dalam bidang hiburan bernama ‘Ojo Lali Entertainment’, dunia kuliner yang bernama ‘Bakso Tukul Arwana’, dan juga mempunyai beberapa tempat kost dan kontrakan.

            Setelah sukses dengan dunia hiburan dan bisnis yang dilakoni TUKUL ARWANA tetap terus berkarya dengan merilis sebuah buku bertema Tukul ‘Katro’ Arwana Face Country and The Money City : Kisah Sukses dengan Kristalisasi Keringat di tahun 2007 dan TUKUL ARWANA Sang Penghibur: Dari Keset Menjadi Aset tahun 2013 yang mengisahkan perjalanan dan perjuangan TUKUL ARWANA untuk mencapai kesuksesan seperti saat ini.

            Sejak lahir TUKUL ARWANA diberi nama Riyanto. Karna sering sakit-sakitan namanya ditambah Tukul menjadi Tukul Riyanto. Anehnya setelah namanya diganti sedemikian rupa ia menjadi jarang sakit. Ia pun akrab dipanggil Tukul. Di usia yang masih 5 bulan Tukul diasuh tetangganya bernama Suwandi. Tukul kecil yang sedang menangis akan terdiam saat digendong oleh Suwandi. Orang tua Tukul Alm. Abdul Wahid dan Alm.Sutimah yang mempunyai 4 orang anak rela menyerahkan Tukul karena Suwandi sangat ingin menjadikan Tukul sebagai anak angkat.

            Semasa muda TUKUL ARWANA bisa dibilang cukup melarat. Sekiatar kelas III SMP ruma tempat tinggal orang tua angkat TUKUL ARWANA harus dijual karena keterbatasan ekonomi. Menjadi sopir omprengan pun pernah dilakukan TUKUL ARWANA semasa muda kala di Semarang. TUKUL ARWANA telah merintis bakat melawaknya sejak muda dengan tampil melucu di panggung tujuh belas agustusan. Bakat lawak yang dimiliki TUKUL ARWANA sudah diketahui sejak duduk di bangku kelas VI SD.

            Tukul mencoba peruntungannya di Jakarta atas ajakan Joko Dewo dan Tony Rastafara yang merupakan temen TUKUL ARWANA. Setiba di Jakarta TUKUL ARWANA luntang lantung di Bilangan Blok S Jakarta Selatan, namun Joko Dewo dan Tony Rastafara membantu kebutuhan sehari-hari TUKUL ARWANA.

            Dalam keadaan yang pas-pasan TUKUL ARWANA menikahi gadis berdarah Padang bernama Susiana (lebih dikenal Susi Similikiti) dan telah dikarunia seorang puteri yang diberi nama Novita Eka Afriana atau akrab disapa Vita dan seorang putra yang diberi nama Wahyu Jovan Utama. Semenjak menikah, TUKUL ARWANA dan keluarga tinggal disebuah kontrakan daerah Cipete Utara. TUKUL ARWANA mulai bekerja sebagai sopir pribadi sampai akhirnya tukul melamar kerja di Radio Humor SK. Dalam radio tersebut TUKUL ARWANA bekerja bersama rekan pelawak lainnya seperti ‘Bagito’, ‘Patrio’, ‘Ulfa Dwiyanti’ dan lainnya.

            Kemujuran TUKUL ARWANA mulai terang semenjak main Lenong Rumpi yang dibuat Ramon Papana berkat ajakan ‘Ramon Tommybens’. Nama tukul mulai mencuat ketika menjadi pendamping ‘Joshua’ dalam video klip Air dengan icon diobok-oboknya sekitar tahun 1997.

Nama TUKUL ARWANA semakin dikenal ketika TPI (sekarang MNCTV) memberikan kepercayan menjadi Host dalam acara ‘Aduhai’ dan ‘Dangdut Ria’ di Indosiar. TUKUL ARWANA berada di puncak popularitas sejak menjadi host acara ‘talk show Empat Mata’ (sekarang Bukan Empat Mata) yang ditayangkan  TV7 (sekarang Trans7). Kala itu TUKUL ARWANA baru saja menyelesaikan syuting film layar lebar yang merupakan film perdana TUKUL ARWANA dengan judul ‘Otomatis Romantis’. Dalam film besutan sutradara Guntur Soehardjanto ini TUKUL ARWANA disandingkan bersama ‘Wulan Guritno’ dengan peran sebagai suami ‘Wulan Guritno’ dalam sebuah rumah tangga yang ada di ujung kehancuran.

Saat membawakan acara Bukan Empat Mata Trans7 TUKUL ARWANA memiliki ciri khas menyapa penonton dari berbagai sisi dan selalu mengatakan ‘kembali ke leptop’ setelah berbincang dengan bintang tamu. Sebelum bintang tamu dating TUKUL ARWANA selalu berbicara ‘Who is that?’ dan mengganti kata ngomog-ngomong menjadi ‘ngemeng-ngemeng, krungu-krungu, atau praten-praten’. Ciri khas lain yang dimiliki TUKUL ARWANA adalah gaya menirukan monyer/kera dengan bertepuk tangan dan seolah-olah menarik bibir dan berbicara ‘puas-puas’ jika ada yang menertawakannya dan berbicara ‘tak sobek-sobek’ jika TUKUL ARWANA sedang bercanda yang seolah dalam kondisi kesal. TUKUL ARWANA juga sering menggunakan nama lawakan untuk sang istri alm. Susiana menjadi ‘Susi Similikiti Weleh Weleh’.

Saat membawakan acara New Famili 100 di stasiun televise Indosiar TUKUL ARWANA juga mempunyai ciri khas berupa gerakan tangan ke layar papan permainan dan selalu mengatakan ‘sring’ dan mengulangnya beberapa kali hingga melempar pada penonton. Sebelum pertanyaan survey dibacakan TUKUL ARWANA selalu berkata ‘pertinyi inyi’ dan membolak balik kata seperti kata ‘bawah’ menjadi ‘wah-ba’.  

Jika dahulu TUKUL ARWANA tinggal disebuah rumah kontrakan, saat ini dikabarkan TUKUL ARWANA telah memiliki 3 rumah kontrakan dan 2 rumah besar di daerah Cipete Utara. Di rumah TUKUL ARWANA mengumpulkan teman-teman seniman pelawak dari daerah dan membuat markas kecil ajang tukar pikiran dan meramu ide kreatif lawakan. Markas kreatif tersebut diberi nama Posko Ojo Lali.

Lawakan dan kariernya juga mendapat banyak kasus dan teguran dari KPI. Tahun 2009 TUKUL ARWANA dengan sengaja mencolek co-host Empat Mata yang kala itu ‘Bella Saphira’ ketika duduk disebelahnya. KPI pun langsung memberi TUKUL ARWANA teguran. Selain itu TUKUL ARWANA juga mendapat beberapa teguran dari KPI dalam bentuk himbauan terhadap acara Empat Mata yang mewajibkan TUKUL ARWANA menghilangkan lawakan yang mengandung hal vulgar, mesum, dan berbau seks yang justru TUKUL ARWANA sukai dalam setiap lawakannya. Tahun 2012  TUKUL ARWANA kembali ditegur KPI karena beberapa narasumber menyanyikan lagu Indonesia Raya secara tidak sopan dan tidak pantas. Juga TUKUL ARWANA memotong lagu Indonesia Raya sebelum lagunya selesai.

Nama TUKUL ARWANA diberikan oleh rekannya ‘Tony Rastafara’ agar Tukul menjadi orang kaya, karena ikan arwana banyak dipelihara orang kaya. TUKUL ARWANA juga pernah di undang oleh ‘Mario Teguh’ dalam acara Mario Teguh The Golden Ways di stasiun televise Metro          TV.

Karir TUKUL ARWANA

1.      1979 – 1983 : Juara Lawak Semarang dan Jawa Tengah
2.      1985 : Hijrah ke Jakarta atas ajakan Joko Dewo dan Tony Rastafara
3.      1995 : Menikah dengan Susiana (Susi Similikiti)
4.      1995 – 2000 : Penjadi penyiar radio Suara Kejayaan (dengan gaji pertama Rp. 75.000,00)
5.      1997 : Membintangi video klip Joshua (lagu diobok-obok)
6.      1997 :  TUKUL ARWANA memiliki seorang putri dengan panggilan Vita
7.      1998 : Mulai bergabung dengan Srimulat
8.      2006 – 2016 : Pembawa acara Bukan Empat Mata Trans7 (honor yang diterima ditaksir Rp 20 juta atau lebih per episode.
9.      2010 – 2015 : Pembawa acara MISTERI[1] TUKUL Trans7
10.  2013 : Pembawa berita Keportase di Program Tukul Too Cool di stasiun televesi B Channel
11.  2013 – 2015 : Pembawa acara New Famili 100 di stasiun televise Indosiar

Film TUKUL ARWANA

1.      2008 : Otomatis Romantis
2.      2008 : Cinlok

Sinetron TUKUL ARWANA

1.      Hidayah

Iklan TUKUL ARWANA

1.      Panther (Minuman Energi)
2.      Obat Kuat Strongpas
3.      Vicks Formula 44
4.      Poldan Mig
5.      Cat Tembok Aries
6.      Tabungan Batara Pos (Bank BTN)
7.      Djarum 76
8.      Kacang Sangrai Dua Kelinci
9.      Jamu Nyonya Meneer Amurat
10.  Solid Furniture
11.  Ringtone Telkomsel
12.  Pewarna Rambut Miranda
13.  XL Super Ampuh
14.  Pertamina Pertamax
15.  Layanan Masyarakat Pengadaan Tanah (Badan Pertahanan Republik Indonesia)

Penghargaan TUKUL ARWANA

1.      2007 : Panasonic Awards kategori Pelawak Terfavorit

2.      2009 : Panasonic Awards kategori Presenter Talk Show Twrfavorit

Bagikan

Jangan lewatkan

BIODATA DAN BIOGRAFI TUKUL ARWANA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.