Minggu, 21 Agustus 2016

BIODATA DAN BIOGRAFI ADDIE MS

ADDIE M.S.


Nama asli
Addie Muljadi Sumaatmadja
Nama entertain
ADDIE M.S.
Lahir di
Jakarta, Indonesia
Tanggal lahir
07 Oktober 1959
Zodiac
Libra
Profesi
Konduktor
Komponis
Arranger
Produser
Tahun aktif
1979 – sekarang
Terkenal sejak
Mendirikan ‘Twilite Orchestra’ tahun 1991
Agama
Islam
Anak ke
3 dari 8 bersaudara
Nama ayah
Bandi Sumaatmadja
Nama ibu
Sri Wahyuni
Pasangan
Memes
Anak
Kevin Aprilio
Tristan Juliano
Akun twitter
           
Selamat pagi buat kalian pembaca post ku.. pos ke – 114 dan ke – 1 di hari minggu, 21 Agustus 2016  .. tetap dengan semangat yang sama, semoga post ini bermanfaat untuk kalian. Entah sekedar kepo atau benar - benar membutuhkan informasi dari Profil dan Biodata ADDIE M.S.. Mohon diralat apabila terdapat kesalahan dalam informasi yang ada dalam konten ini.

            Ok next...

            ADDIE M.S. adalah seorang konduktor orchestra terkenal di Indonesia. Selain sebagai konduktor, ADDIE M.S juga dikenal sebagai pianis, pencipta lagu, composer, arranger, dan sekaligus produser music. Menurut ADDIE M.S. piano bukan sekedar penghasil bunyi melainkan sesuatu yang bias diatur keindahannya dengan emosi. Bahkan lebih dari itu, piano adalah luapan pemberontakan batin yang tersumbat tak tersalurkan.

            Semasa remaja bila ADDIE M.S. meluapkan pada tuts-tuts piano bahkan pernah sampai senarnya putus. ADDIE M.S. yang merupakan alumnus dari Recording Engineering, Chilicothe, Ohio, Amerika Serikat ini tumbuh dalam lingkungan yang agak terkungkung dan disiplin keras karna sang ayah adalah seorang tentara yang akhirnya menjadi seorang pengusaha. Orang tua ADDIE M.S. tipikal orang yang harus diikuti kemauannya dan tak memberikan ruang dialog bagi ADDIE M.S. dan saudara-saudaranya.  Tekanan yang dihadapi membuat ADDIE M.S. tak tahan, disitulah jiwa ADDIE M.S. berontak dan terjerumus narkoba.

            Saat kecil ADDIE M.S. juga pernah bercita-cita menjadi seorang arsitek karna hobi saat itu menggambar interior rumah. Sempat pula ingin menjadi psikolog lantaran membaca tulisan karangan psikolog Tengku Syah Abidin.

            ADDIE M.S. kecil bisa dibilang anak yang pemalu, minder, dan malas bergaul. Namun hal tersebut berubah semenjak ADDIE M.S. duduk di bangku SMP. Ia mulai akrab dengan narkoba dan bergaul dengan anak yang suka berkelahi, bahkan sampai jarang pulang kerumah dan penampilan yang lusuh. Sekitar 1 ½ tahun ADDIE M.S. terlibat narkoba sebagi pengguna maupun penyalur. Hanya perempuan saja yang tak pernah ADDIE M.S. sentuh karna rasa minder.

            Perkenalan ADDIE M.S. dengan music bisa dibilang tak sengaja. Ketika lulus SD sang ibu membelikan ADDIE M.S. piano. Meskipun hanya piano bekas yang bisa dibeli, namun piano tersebut digunakan bergantian dengan saudara-saudara ADDIE M.S. yang lain, tapi ternyata hanya ADDIE M.S. yang paling berbakat.

            Darh seni yang mengalir dalam diri ADDIE M.S. mengalir dari H. Muhamad Susilo. Beliau adalah kakek ADDIE M.S. yang merupakan seorang violis dan planolog yang merancang kota satelit Kebayoran Baru.

           Menginjak SMA, ADDIE M.S. mulai meningkalkan kehidupan negatifnya dan mulai melakukan hal-hal dengan energy positif. ADDIE M.S. sempat ikut grup vocal bersama ‘Ikang Fauzi’, ‘Rafiz RM’, dan Aji Sutama. ADDIE M.S. juga pernah mengikuti lomba cipta lagu remaja dan lomba band. Dipengujung SMA ADDIE M.S. dikenalkan dengan dunia music pop oleh Keenan Nasution dan Jockie Suryoprayogo.

            Setamat SMA di benak ADDIE M.S. terpintas ingin kuliah di jurusan psikologi atau ekonomi. Namun keduanya tak lakoni ADDIE M.S.. ADDIE M.S. mulai meyakini music adalah jalan hidup. Mencari sekolah music di Indonesia bukan perkara gampang dan mudah, dari situlah ADDIE M.S. mulai belajar secara otodidak. Cara lain yang digunakan ADDIE M.S. adalah dengan menabung, hasilnya digunakan untuk bepergian ke New York. Disanalah ADDIE M.S. mencari referensi buku music, video music, melihat opera, nonton music klasik dan jazz.

            Meskipun jalan hidup telah ditemukan dalam music, namun sifat pemberontak ADDIE M.S.  tetap melekat. Hal tersebut terlihat saat teman-teman ADDIE M.S. di Ohio Amerika Serikat tengah bergembira dalam acara penyerahan sertifikat ADDIE M.S. malah sibuk tidur. Bagi ADDIE M.S. gelar dan sertifikat tidaklah begitu penting, yang penting bagi composer satu ini adalah ilmu yang didapat.

           ADDIE M.S. mengawali kecintaannya dalam dunia music dengan belajar piano kepada Mrs. Rotti. Sedangkan hal-hal lain seperti conducting, orchestra, sound engineering, ADDIE M.S. mempelajarinya secara otodidak. Namun ADDIE M.S. tak puas diri, ADDIE M.S. sering mengikuti workshop conducting orchestra diluar negeri. Tercata ADDIE M.S. telah berguru dan belajar langsung dengan Jorge Mester, seorang konduktor Pasadena Symphony Orchestra dan kepada Raymond Harvey, seorang konduktor Fresno Philharmonic Orchestra.

            Tahun 1979, ADDIE M.S. mengawali semua kariernya dengan menjadi produser dan arranger penyanyi-penyanyi pop ternama seperti ‘Vina Panduwinata’, ‘ Harvey Malaiholo’, ‘Chrisye’,  ‘Utha Likumahuwa’, ‘Krisdayanti’, ‘Anang Hermansyah’ dan seorang penyanyi Amerika Serikat bernama Suzanne Ciani. Berkat usahanya tersebut ADDIE M.S. berhasil meraih 3 trofi Penata Musik Terbaik dalam ajang Golden Trophy BASF Awards era 80an. Tak hanya berhenti dalam negeri saja, ADDIE M.S. membentangkan sayap hingga luar negeri. Tercatat ADDIE M.S. pernah menjadi konduktor dan penata music di Festival International de la Cancion di Chili pada tahun 1983 dan menjadi pemimpin Manila Philharmonic dalam acara Miss ASEAN tahun 2005.

            Tahun 1982 merupakan tahun pertama ADDIE M.S. memimpin orchestra di Filipina, mengiringi penyanyi Redi Nur dan ‘Vina Panduwinata’.

            Tahun 1984 ADDIE M.S. memenangkan juara ke-2 festival lagu pop di Chile dengan membawakan lagu Titik Hamzah. Dari situlah ADDIE M.S. merasa ada daya tarik. Sepulang dari Chile ADDIE M.S. memutuskan berhenti kuliah dari jurusan ekonomi Universitas Krisnadwipayana di Jakarta. Jelas keputusan ADDIE M.S. tersebut membuat kecewa sang ayah yeng mengharapkan ADDIE M.S. menjadi pewaris perusahaan. Namun apa kata, ADDIE M.S. tak memiliki bakat sebagai pemimpin perusahaan. Tak ayal perdebatan dengan sang ayah tak terelakan. Menurut ayah ADDIE M.S. music dan menjadi musisi adalah masa depan yang tidak jelas. Perseteruan tersebut membuat ADDIE M.S. berusa membuktikan pada sang ayah dan tidak meminta secara finansial dan music bisa menhidupi ADDIE M.S. sejak SMA.

            Tahun 1987 ADDIE M.S. menikahi penyanyi bernama ‘Memes’, tepatnya pada tanggal 13 September 1987 dan telah dikarunia dua orang putra yang diberinama ‘Kevin Aprilio’ dan Tristan Juliano. ‘Kevin Aprilio’ mengikuti jejak kedua orangtuanya menjadi pemusik dan mendirikan sebuah band beraliran pop yang cukup popular di tanah air yang diberi nama Vierratale dan Princess.

            Tahun 1991, nama ADDIE M.S. semakin melambung yang kala itu mendirikan sebuah pop orchestra bersama Oddie Agam dan Indra  Usmanjah Bakrie yang diberi nama Twilite Orchestra yang merupakan jenis orchestra yang memainkan music klasik, music film, drama musical, music pop, dan tradisional yang diaransemen secara simfonik.

            Tahun 1992 ADDIE M.S. dan Twilite Orchestra mengadakan konser bersama ‘David Foster’ di televise swasta RCTI tepatnya pada bulan Februari dan tampil di Sydney Opera House bersama Twilite Orchestra. Nama Twilite Orchestra sendiri juga terdaftar dalam American Symphony Orchestra League sebagai anggota terhitung sejak tahun 1995.

            Tahun 1995 ADDIE M.S. membentuk Twilite Chorus bersama Yoseph Surjadi, Aida Swenson, dan Alex Frits.

            Tahun 1998 ADDIE M.S. membuktikan misi besar dalam mempromosikan music simfoni di Indonesia. Hal tersebut ADDIE M.S. buktikan dengan menghasilkan album pertama symphonic rekaman lagu-lagu nasional Indonesia berjudul ‘Simfoni Negeriku’ di Australia. Album tersebut meliputi lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ dan rekaman live pertama dari karya-karya klasik simfonik di Indonesia berjudul ‘La Forza Del Destino’.

            Tahun 2004 ADDIE M.S. juga mendirikan Twilite Youth Orchestra dalam rangka mendorong apresiasi simfonik dikalangan remaja. ADDIE M.S. juga membantu sejumlah orchestra sekolah dan kerap diundang sebagai dosen tamu di Departemen Fisika of Sound di Institut Teknologi Bandung, STEKPI, Prasetya Mulya, UPH dan masih banyak lagi yang lainnya. Ditahun yang sama ADDIE M.S. bersama Twilite Orchestra merilis album La Forza del Destino, sebuah album rekaman pertama di Indonesia yang menampilkan music-musik klasik barat dalam bentuk album CD.

            Tahun 2006 ADDIE M.S. kembali berkiprah dimusik pop setalah 15 tahun vakum dari music pop dan berkonsentrasi dalam music simfonik, saat itu ADDIE M.S. tampil sebagai konduktor dan music director di konser tunggal ‘Vina Panduwinata’, Vina Vina.

            Tahun 2012 ADDIE M.S. membuat rekaman lagu-lagu daerah Indonesia yang diubah secara simfonik, bersama Garuda Indonesia. Album rekaman nyang diberi judul ‘The Sounds of Indonesia’ ini mampu bertahan beberapa hari diurutan teratas Top Album iTunes.

            ADDIE M.S. juga kerap menjadi penata music dalam film-film terkenal seperti ‘Biola Tak Berdawai’, ‘Dealova’, ‘Cinta Pertama’, ‘In The Name of Love’, ‘Summer Breze’ dan ‘Sepuluh’. Yang yang perlu anda ketahui pencipta mars hymne TNI adalah ADDIE M.S, selain itu ADDIE M.S. juga mendapat kepercayaan untuk mengerjakan proyek lagu dengan tema berbagai perusahaan terkenal seperti Garuda Indonesia, Summerecon, Sharp, Kadin, Agung Podomoro, Pertamina dan masih banyak lagi yang lainnya.

            Sepanjang perjalanan kariernya ADDIE M.S. telah berhasil meraih berbagai penghargaan seperti Most Appreciated Film Musik diajang  Bandung Film Festival untuk music film ‘Biola Tak Berdawai’, Yayasan Pendiri Music: Golden Conductor Awards, De Beers: Berlian Achievement Award, Symphonic Music Developer Indonesia dalam Metronome Award, Nugraha Bhakti Musik Indonesia.

Diskografi album rekaman ADDIE M.S.

1.      1998 : Opera Anoman – Yasawirya Indah Megamedia
2.      1998 : Simfoni Negeriku – Aquarius Musikindo
3.      2004 : La Forza Del Destino – Aquarius Musikindo
4.      2012 : The Sounds of Indonesia – Platinum Records

Diskografi music film (film scoring) ADDIE M.S.

1.      2003 : Biola Tak Berdawai – Warner Music Indonesia
2.      2005 : Dealova
3.      2006 : Cinta Pertama
4.      2008 : Summer Breeze
5.      2008 : In The Name of Love – Aquarius Musikindo/TASK

6.      2009 : Sepuluh

Bagikan

Jangan lewatkan

BIODATA DAN BIOGRAFI ADDIE MS
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.